Buatlah Rencana Menuju Tujuan Sasaran Hidup Anda

Anda hanya bisa mencapai tujuan dan sasaran hidup Anda setapak demi setapak, tidak bisa seketika. Oleh karenanya Anda butuh menghimpun sukses juga setapak demi setapak. Disinilah Anda amat membutuhkan rencana dalam hidup Anda. Sebab rencana itu akan memandu Anda melakukan tindakan demi tindakan yang akan menghasilkan sukses-sukses kecil sebelum pada akhirnya sukses-sukses kecil itu terakumulasi menjadi satu berupa sukses besar Anda. Jadi rencana hidup itu begitu penting bagi Anda, oleh karenanya hidup dengan rencana adalah pilihan yang memberi peluang sukses daripada Anda hidup tanpa rencana.



Saya juga semakin menyadari betapa pentingnya rencana hidup seiring dengan bertambahnya usia saya. Usia saya pada tahun 2010 ini Alhamdulillah genap 41 tahun. Dan sepanjang tahun-tahun yang saya lalui sejak 19 tahun yang lalu ketika pertama kali saya berkeluarga, saya merasakan sebuah dampak efesensi ,efektifitas dan produktifitas hidup dari rencana hidup yang pernah saya buat. Walaupun rencana hidup saya waktu itu jauh dari standar ideal yang dianjurkan banyak pakar pengembangan diri.

Rencana hidup itu akan membuat Anda bertindak efektif. Artinya Anda hanya akan melakukan tindakan-tindakan kehidupan yang semakin mendekatkan anda kepada sasaran atau tujuan hidup Anda. Lain dari tindakan itu Anda tidak akan mau melakukannya.

Rencana hidup itu juga akan meningkatkan efesiensi hidup Anda. Anda akan melakukan tindakan-tindakan hidup Anda yang semakin mendekatkan Anda pada tujuan hidup Anda itu, dengan sangat memperhatikan kehematan penggunaan sumber daya, sebab pemborosan sumber daya akan membuat Anda sadar bahwa rencana hidup Anda akan lebih lama tercapai.

Dan tentu saja begitu Anda bertindak lebih efektif dan lebih efisien dengan dituntun rencana hidup Anda itu, Anda akan mengalami peningkatan produktivitas harian dan pencapaian sukses hidup Anda tinggal menunggu waktu saja.

dari trainer Ahmad Arqom
trustcosurabaya.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Superheroines (Juara 3 Lomba Esai)

Perlombaan Campus Islamic Fair 2019 hadir lagi!!!

Orang Asing (Al-Ghurabaa) Dan Nasionalisme